Pikiran Liar: “Smartphone”

Chibi Maruko-chan enggak bakal jadi anime yang mengesankan kalau Maruko dari awal sudah dikasih smartphone. Jika sedari awal Maruko sudah dikasih smartphone sama kakeknya, mungkin yang kita tonton sepanjang setengah jam hanyalah adegan Maruko asik nge-chat sama teman-temannya. Yang kita lihat hanya Maruko yang cekakak-cekikik ngeliatin layar ponselnya sambil baringan di kasur, asik ngobrol sama Tama-chan atau sekadar iseng berbagi kelakar dengan Hamaji. Opening-nya pun saya yakin berubah. Maruko ga perlu ganti baju agar menarik hati untuk mencari teman, cukup selfie pake kamera bagus, tambahin efek, dan install Tinder. Beres. Sekarang ayo selfie, agar menarik hati ayo kita mencari temaan~

Begitu juga Doraemon. Seandainya Nobita dari awal sudah punya smartphone, mungkin yang akan kita tonton adalah Nobita yang sibuk selfie atau update Instagram dengan alat-alat canggih dari kantong ajaibnya Doraemon. Beruntung, Doraemon berasal dari tahun 2112 dan bukan tahun 2017. Mungkin peradaban abad ke-22 sudah begitu bijak untuk tidak membiarkan gadget menguasai hidup manusia.

Ah, coba seandainya smartphone sudah ditemukan dari dulu, mungkin Hachi ‘anak yang sebatang kara pergi mencari ibunya di malam yang sangat dingin teringat mama‘ ga bakal ribet-ribet tanya ke sana ke mari buat nyari ibunya. Cukup buka Google Maps, terus tanya serangga terdekat, udah. Yang akan kita tonton adalah seorang anak lebah yang terus terbang sambil liatin layar smartphone biar ga salah jalan.

Smartphone ternyata dapat membuat banyak hal jadi enggak asik. Kartun Maruko jadi ga asik, Doraemon jadi alay, Hachi jadi garing, dan sebuah reuni jadi asing.

Lihat, judulnya reuni tapi isinya orang-orang yang sibuk dengan smartphone-nya sendiri. Bahkan sekadar basa-basi saja pelit.

Terus aku kudu piye?

BSD, ba’da zhuhur
7/3/2017

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s