Perempuan Tangguh

Bagi saya, perempuan tangguh bukanlah perempuan yang berteriak lantang di tepi jalan menyerukan emansipasi, bukan pula yang stamina dan kekuatannya menyaingi kaum lelaki. Bagi saya, perempuan tangguh adalah mereka yang senantiasa berusaha untuk menjaga diri.

Karena di zaman ketika kaum perempuan berlomba-lomba tampil cantik, ketangguhan bukan lagi soal fisik. Ketangguhan adalah soal prinsip. Seberapa tangguh seseorang itu memegang prinsipnya, mempertahankannya, dan memperjuangkannya?

Dan penjagaan diri jelas bukan perkara yang mudah. Bukan sekadar masalah logika dengan segala penalarannya, kadang ia justru jadi masalah perasaan yang seringkali tak bisa dinalar oleh bentuk logika apapun. Menjaga diri berarti melewati setiap kesempatan untuk melepaskan letup-letup perasaan, melewati setiap peluang untuk meluapkan apa yang selama ini terpendam.

Apalagi perempuan, yang mungkin godaan dan rayuan jadi makanan sehari-hari. Kalau boleh jujur, saya yang seorang laki-laki, senang jika ada perempuan yang asik diajak bercanda, asik diajak ngobrol. Apalagi kalau ada tambahan pukul-pukulan gemes segala, wah makin asik saya menggodanya. Tetapi saya menaruh respek yang amat tinggi kepada mereka, para perempuan, yang justru ketika mereka bisa berbaur semaunya, mampu menjadi pusat perhatian, tapi dengan segala keanggunan yang ‘misterius’ mereka memilih menghindar. Ketika perempuan itu jadi buruan lelaki, si perempuan justru memilih untuk menyedikitkan interaksi.

Sebenarnya prinsip penjagaan diri ini berlaku bagi siapapun, baik laki-laki maupun perempuan. Tetapi saya persembahkan tulisan ini kepada mereka, para perempuan tangguh, yang sanggup memegang teguh prinsip dalam menjaga diri. Karena sejatinya perempuan adalah makhluk yang Allah ciptakan indah di setiap incinya. Tidak heran kan kalau auratnya seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan? 🙂

@Lab NCC, 22/4/2016

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s