Sebelum Kamu Berbuat Baik

Cara termudah untuk mengukur seberapa ikhlas dirimu dalam beramal adalah bandingkan kualitas dan kuatitasmu berbuat baik ketika ada atau tidaknya orang yang melihat. Apakah dengan ada atau tidaknya orang lain kamu tetap melakukan kebaikan sebagaimana biasanya? Atau jangan-jangan, hanya ketika ada orang melihat ibadahmu giat namun ketika sendiri malah jadi ahli maksiat?

Karena sederhananya, ikhlas adalah tentang kepada siapa kebaikanmu itu kamu persembahkan. Jika benar-benar ikhlas dalam berbuat, maka tidak peduli ada atau tidak adanya orang lain yang melihat, hadir atau absennya orang lain yang menyaksikan, maka tidak akan berpengaruh sedikit pun terhadap amal perbuatan kita. Kebaikan itu tidak akan bertambah ketika di tengah keramaian, pun tidak akan berkurang ketika di dalam kesendirian.

Tentang ikhlas, akan selalu ada pertanyaan yang harus terjawab sebelum kamu berbuat baik, kepada siapa kebaikan ini aku persembahkan? Apakah benar-benar kupersembahkan kepada Allah dengan mengharap ridha-Nya, atau jangan-jangan terselip nama selain-Nya yang ingin kuraih penghargaannya?

Ketika langit Surabaya dirundung Dhuha

4/3/2016

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

2 thoughts on “Sebelum Kamu Berbuat Baik”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s