40 Alasan

raining

Tolong, jangan pernah mencela hujan. Sekalipun hujan itu yang membuatmu tertahan sendirian.

Tolong, jangan sampai kau cela hujan. Sekalipun hujan itu berarti ada lagi satu rencana yang tidak jadi.

Tolong, jangan coba kau cela hujan. Sekalipun hujan itu artinya perlu menunggu lebih lama dari seharusnya.

Cobalah menerima segala takdir Allah dengan penerimaan yang indah, dan mulailah dengan tidak mencela hujan. Sebab, ada banyak pelajaran yang diajarkan langit dengan hujannya. Hujan yang turun tak sekalipun bisa tertahan oleh apapun. Mau tidak mau, suka tidak suka, cepat atau lambat, ia yang jatuh dari langit pasti akan sampai ke bumi bagaimana pun caranya.

Begitu pun dengan cara kerja takdir. Apa yang telah ditetapkan Allah, tidak peduli bagaimana perasaan kita, tidak peduli apa yang kita mau, takdir yang Allah tetapkan bahkan sebelum kita diciptakan toh pasti akan terjadi juga. Daripada kita mempersulit diri dengan mencelanya, kenapa kita tidak coba untuk menerimanya?

Biarkan hujan itu turun dengan damai, sedamai hati ini ketika mulai menerima segala yang terjadi dengan pengertian yang baik. Jika kita punya satu alasan untuk mencela, maka berikan empat puluh alasan lain kenapa kita harus menerimanya. Soalnya, sering kali kita melupakan kebaikan suatu hal hanya karena tertutupi sebuah alasan.

Jadi, jika kita terjebak hujan di kondisi yang membuat kita sulit, maka coba pikirkan empat puluh alasan untuk bisa menerima ‘tamu yang tak diundang’ bernama hujan:

  • Jangan egois, makhluk di bumi bukan kita saja. Ada hewan dan tanaman yang membutuhkannya.
  • Mungkin di luar sana ada orang yang mengharapkan hujan lebih dari apapun di dunia ini.
  • Ada yang sedang tidak ingin pergi keluar rumahnya, dan sudah diajak keluar oleh temannya. Dengan hujan, ia tidak perlu mengarang-ngarang alasan kenapa ia tidak keluar rumah.
  • Ada yang mendambakan suasana romantis ketika hujan
  • Dan seterusnya…

Memang terkesan dibuat-buat, tapi bukan berarti tidak mungkin, kan? Bukankah kita juga sering begitu jika sedang jatuh cinta? Merangkai-rangkai alasan sebisa mungkin agar bisa menyenangkan hati kita 🙂

Jika empat puluh alasan (yang meski dibuat-buat) itu pun gagal membuat hatimu menerima, maka yakinlah dengan satu alasan ini yang tidak dibuat-buat: karena ketetapan Allah-lah yang terbaik.

Tidakkah satu alasan itu cukup untukmu?

Barangsiapa yang bersandar kepada baiknya pilihan Allah untuknya, maka ia tidak akan mengangan-angankan sesuatu (selain keadaan yang Allah tetapkan). Inilah batasan (sikap) selalu ridha semua ketentuan takdir dalam semua keadaan (yang Allah) berlakukan (bagi hamba-Nya)” -Al Hasan bin Ali bin Abi Thalib [1]

Surabaya, di bawah kelambu hujan ba’da isya

9/2/2016

________________

[1] Siyaru a’laamin nubalaa’ 3/262, dan Al Bidaayah wan Nihaayah 8/39

image source: weheartit

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s