Antara Cantik dan Pemahaman Baik

lonely danbo

Jika kamu berusaha mencuri perhatian seseorang dengan penampilanmu, ketika kamu mendapatkannya kelak, kamu akan cemas kalau-kalau ada orang lain yang lebih bagus penampilannya datang dan merebut perhatian yang telah kamu dapatkan. Bisa jadi kamu akan selalu khawatir, jangan-jangan dia ketemu perempuan yang lebih cantik. Kamu pun sibuk mematut diri di depan cermin, memastikan penampilanmu masih tak tersaingi dengan perempuan-perempuan lain yang mungkin ia temui.

Hei, jangan salahkan perempuan cantik yang muncul kemudian, karena kecantikan pada suatu zaman akan selalu dipergilirkan. Yang disebut cantik hari ini besok-besok pun sudah terganti. Jangan salahkan hati lelaki yang kamu pilih, karena alasan ia memilih perempuan cantik itu pun sama dengan alasannya ketika ia memilihmu dulu. Mungkin, yang salah sebenarnya adalah kamu sendiri, karena kamu yang telah salah memilih. Kenapa pula kamu memilih dia yang melihatmu hanya karena urusan penampilan?

Coba pikirkan cara lain yang lebih baik untuk menjemput lelaki pilihanmu itu. Cari cara yang lebih indah, yang lebih elegan, yang menunjukkan kalau kamu memang wanita terhormat. Mungkin ada satu cara yang harus kamu coba: memperbaiki diri. Cobalah memulai dengan perbaiki pemahamanmu, bukan hanya penampilanmu. Karena pemahaman baik pasti akan mendatangkan kebaikan-kebaikan yang lain pula. Pahamkan diri bahwa cinta tak melulu soal perasaan, soal suka atau pun soal selera. Kadang ia menjelma menjadi soal ketakwaan, soal seberapa dekat ia dengan Tuhannya.

Jika sudah begitu tapi ujung-ujungnya lelaki pilihanmu itu malah tak juga datang, atau justru semakin jauh menghindar, maka semoga pemahaman baik yang kamu tanam itu cukup untuk membuatmu berprasangka, Allah menyelamatkanku dari pilihan yang salah. Dan semoga dengan pemahaman yang baik itu pula kamu selalu yakin, pilihan Allah adalah pilihan yang terbaik.

Surabaya, 4/2/2016

image source: infounik

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s