Sebuah Jawaban

Inikah jawaban dari doa-doaku di penghujung malam? Inikah jalan terbaik yang selama ini kuminta? Yakni ketika aku dipalingkan darimu, dan begitu pun kamu dipalingkan dariku. Ketika pertemuan menjadi sesuatu yang mahal, dan berpapasan menjadi sesuatu yang langka. Bahkan, untuk memungut remah senyummu saja sudah menjadi sebuah bentuk perjuangan yang baru.

Aku sadar betul ketika aku memintamu dalam doaku, aku seakan sedang bertaruh. Aku serahkan segenap perasaanku padamu lewat bait-bait yang dipanjatkan di tengah malam. Aku serahkan sebongkah hati dengan segala permohonannya kepada Dia penggenggam jiwa seluruh makhluk, dan biarkan ketetapan-Nya yang terbaiklah untuk jadi jawabannya. Di kondisi ini, aku tidak tahu apakah memilihmu adalah yang terbaik. Aku sedang mabuk, aku sedang kepayang, segala bentuk logikaku patah bila berhadapan denganmu. Karenanya, aku serahkan ujung cerita ini pada Dia yang sempurna ilmunya, yang meliputi langit dan bumi ini dengan segala hikmah-Nya.

“Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut buruk bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya,” [1]

Duh, berat betul konsekuensinya. Aku harus siap bila saat ini menanggung beratnya keberpalingan, padahal keberpalingan adalah sesuatu yang kubenci. Aku harus siap bila saat ini dijauhkan dari kebersamaan, meski kebersamaan adalah sesuatu yang kudamba. Karena ketika aku memilih untuk mencintai, aku harus siap untuk melepaskan. Karena ketika aku sudah memutuskan untuk jatuh cinta, aku sudah memutuskan untuk siap jatuh sejatuh-jatuhnya.

…Dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya, dan jadikanlah aku ridha dengannya,

Surabaya, 4/1/2016

__________

[1] Potongan doa istikharah, HR. Bukhari no. 1162

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

