Lelah, Sakit, dan Berprasangka Baik

Sejauh ini, sudah berapa kali kita merasa tersakiti? Entah tersakiti karena apapun itu. Tersakiti karena lelahnya tubuh (dipaksa) memberi, karena lelahnya hati (dipaksa) menerima, dan yang paling sering, karena lelahnya diri ini berharap. Karena sebenarnya, tersakiti adalah konsekuensi dari menggenapkan rasa. Membiarkan perasaan menguasai dengan sempurna.

Andai, hati ini diberi sedikit ruang untuk berprasangka baik, untuk melesatkan pikiran-pikiran baik sebelum yang buruk itu datang. Andai perasaan dapat mengerti tentang apa yang namanya hikmah, betapa sakit justru menjadi sebaik-baiknya pengingat untuk apa kita berlelah-lelah.

Apakah kita lelah memberi untuk menerima? Atau menerima karena telah lelah memberi? Lantas apa makna melelahkan diri jika ini hanya tentang transaksi untung rugi? Tersakiti, memberi lelah sebuah definisi. Apakah lelah kita adalah suatu bentuk pengorbanan, atau sekadar aksi mengharap imbalan.

Ada kalanya kita harus belajar, harus kembali memahamkan diri. Jika tidak ingin tersakiti, maka bersiap-siaplah lelah untuk satu pengorbanan. Pengorbanan sejati yang tidak lepas dari dua hal, kesabaran dan ketulusan. Kesabaran untuk tidak menuntut apa-apa, dan ketulusan untuk siap memberikan segalanya. Maka lelah tidak akan menjadi alasan untuk tersakiti. Lelah akan menunjukkan seberapa kuat kita dalam memegang prinsip untuk terus berprasangka baik, bahwa tiada lelah yang tak akan berbuah, tiada perngorbanan yang akan disia-siakan.

Ketika lantunan dzikr petang menyapa Surabaya

22/11/2015

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s