Hikmah

Sebenarnya, tak perlu selalu meminta orang lain memberikan hikmah untuk kehidupan kita sendiri. Tidak perlu meminta, cukup mencari. Karena hikmah itu terhampar sedemikian luas di hadapan kita, tinggal bagaimana indera kita mencernanya.

Kemampuan mencari hikmah adalah sebuah anugerah, ia hanya diberikan bagi mereka yang berhati lapang. Karena lapangnya hati sebanding dengan baiknya pemahaman, baiknya pemahaman berbanding lurus dengan luasnya penerimaan, dan luasnya penerimaan adalah syarat mutlak menjadi pencari hikmah di muka bumi ini. Seperti yang sudah dikatakan di awal, tidak perlu meminta, cukup mencari. Biarkan mata, telinga, dan hati yang menerima. Hikmah itu akan datang sendiri.

Seandainya kita semua adalah pencari hikmah yang baik, hidup tidak akan kusut masai seperti ini. Seandainya kita adalah manusia-manusia yang berhati lapang, seandainya kita termasuk orang-orang yang berpemahaman baik, seandainya kita menjadi bagian dari mereka yang luas penerimaannya, hidup ini akan menjadi sebuah mahakarya seni; dari sudut mana pun ia dipandang, hidup selalu terasa indah. Karena hikmah adalah soal seni menikmati hidup, bahkan di titik yang paling sederhana.

Maka, kuucapkan selamat (berusaha) menjadi pencari hikmah. Selamat bertualang menyelami kebaikan-kebaikan hidup. Sebab, bagi mereka yang mencari, hidup tidak pernah berhenti memancarkan kebaikannya. Bagi mereka yang mengerti, hidup tidak pernah kehilangan hikmahnya.

Surabaya, di waktu nuzul Allah ke langit dunia

14/1/1437 H – 27/10/2015 M

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s