Cemburu

Cemburu adalah hal baik, selama memang berhak untuk cemburu. Karena sebenarnya, cemburu adalah konsekuensi dari rasa memiliki. Sejatinya cemburu adalah menjaga yang kita punya dengan cara berbeda. Karena cemburu adalah bentuk penjagaan dari mereka yang ingin mencurinya, mencuri perhatiannya. Kamu kira ia tidak akan dicuri jika tidak kita jaga?

Menjaga seseorang, lengkap dengan segenap hati dan perasaannya, jauh lebih sulit dari menjaga barang paling berharga. Barang tidak akan hilang atau dicuri jika tidak ada kontak fisik dengan barang tersebut. Tetapi hati? Bahkan ia bisa dengan cepat berpindah hanya dengan perhatian yang orang lain berikan.

Ya, tidak perlu kontak fisik langsung. Cukup dengan sejumput sapa tiap pagi, teriring senyum tersungging, dan pertanyaan basa-basi pengantar menuju cengkerama lebih dalam. Dia yang kamu kira telah kamu jaga seutuhnya, tak sadar telah kehilangan seluruh perhatiannya.

Apalah artinya memiliki seseorang yang kita sayang, tapi tidak mendapat segenap perhatiannya? Tak ubah ia hanya menjadi orang asing yang kita kenal. Kenal nama, tapi asing rasa.

Maka bersyukurlah bila ada yang mencemburuimu. Karena artinya, kamu lengkap dengan segenap hati dan perasaanmu itu layak untuk dijaga sepenuhnya. Bukan berarti ia tak percaya denganmu, tapi bukankah hati semua manusia itu lemah dengan perhatian? Dan kamu tidak pernah tahu, mana orang yang perhatiannya benar-benar tulus, dan mana orang yang perhatiannya berharap dibalas dengan perhatian yang sama. Yang perlu kamu ketahui -dan harusnya kamu camkan-, perhatian terbaik adalah perhatian dari seseorang yang memang berhak mencurahkan seluruh perhatiannya padamu, yang tentunya juga berhak untuk selalu mencemburuimu.

Yogyakarta, 8/8/2015

Dari aku yang mendamba berhak cemburu pada angin yang membelai jilbab panjangmu.

Advertisements

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s