Kepada Hujan di Kota Ini

Aku kira jika aku pulang ke kota ini, aku akan bertemu kembali dengan hujan. Kamu tahu kenapa? Karena hujan sudah lama menjadi identitasnya. Ketika disebutkan nama kota ini, hampir setiap orang mengasosiasikannya dengan hujan. Karena mungkin, tak ada hujan lain yang lebih baik dari hujan yang dimiliki kota ini.

Jadi wajar kan kalau aku merindukan hujan di kota ini?

Sayangnya, ketika aku kembali ke kota ini, hujan enggan menyambut. Hujan tak lagi ramah. Hujan tak lagi menyapa. Kota ini kehilangan salah satu daya pikatnya. Aku kehilangan alasan untuk kembali, dan pulang pun menjadi kekurangan arti.

Tapi ah, setidaknya angin menjelang senja itu masih sama. Angin yang bertiup membelai kepala, lalu mengalir ke leher, hingga kemudian membaluri seluruh indra perasa, masih tetap menyejukkan. Cukup menyenangkan mengetahuinya, bahwa ketika hujan enggan beramah tamah, ia masih menitipkan kesejukannya pada angin menjelang senja. Setidaknya itu yang aku pikirkan. Menerimanya, aku hanya bisa tersenyum. Kupejamkan kedua mata, kurentangkan kedua tangan, dan kusambut belaian angin menenangkan. Kutangkap semua tiupannya. Kulepas semua rindu dengan hujan, meski hanya lewat kesejukan sesaat.

Tak apa, tidak ada yang perlu disesalkan walau cuma angin sesaat. Justru sebaliknya, seharusnya aku bersyukur. Karena memang hanya itu yang bisa kulakukan. Mau bagaimana lagi? Toh aku dan hujan saat ini memang sedang berjarak. Belum saatnya hujan bisa kugenggam. Kubiarkan ia jauh, biarkan di tempat lain ia jatuh. Hingga suatu saat angin yang tepatlah yang akan membawanya mendekat.

Hei, semoga kamu mengerti bahwa hujan di atas tak selalu berarti jutaan bulir air yang dibawa awan kelabu. Karena sebenernya -ini rahasia- ada hujan yang bisa berarti kamu 🙂

*Ditulis ketika Bogor sedang mengalami kekeringan, yang semoga Allah merahmati penduduknya baik dengan hujan ataupun tidak.

Dalam perjalanan kereta menuju Yogyakarta
26/07/2015

Published by

Regin Iqbal

penuntut ilmu | pengagum sejarah | penggemar detective conan

Leave a Reply

